Rabu, 25 November 2015

Google Apps for Education

          Sekarang - sekarang ini di sekolah saya melakukan pembelajaran dengan Google Apps for Education. Dan itu lumayan menyenangkan bagi saya. Beberapa kelebihan dan kekurangan google apps for education yaitu:

kelebihan:
•mempelajari hal - hal baru, seperti adanya google classroom bagi siswa murid dan guru.
•lebih mengerti cara memanfaatkannya.
•memudahkan cara kerjanya.
•aplikasinya gratis, dan bebas dari iklan.
•tidak memakan waktu banyak untuk mengerjakannya, hanya kerjakan tugas kalau sudah selesai tinggal serahkan, dan guru dikelasmu akan memberikan nilai hasil kerja tugasmu.
•dll

kekurangan:
•membutuhkan koneksi internet, dan kasihan bagi yang tidak memakai paket internet.
•susah saat mengerjakannya bagi yang tidak terbiasa mengetik dilaptop/hp.
•ada murid yang sengaja menggunakan alasan untuk belajar menggunakan google classroom tetapi dia malah memainkan game.
•dll.

Saya memakai google classroom dan google document untuk mengerjakan tugas/pr. Kadang saya tidak mempunyai paket internet dan sangat menyusahkan untuk mengerjakan tugas. Saya hanya memakai google classroom dan google document,  google classroom digunakan untuk mengikuti kelas dan mengetahui tugas dan nilai yang dikasih / dibuat oleh guru. Dan google document untuk mengerjakan tugas/pr yang diberikan.

Google classroom ini memakai waktu, jika kamu terlambat dan belum mengerjakan akan ada tulisan seperti 'late' tetapi kalau kamu terlambat dan sudah mengerjakannya akan ada tulisan seperti 'done late'. Beberapa foto aktifitas yang sedang menggunakan google apps for education:

ini guru saya, yang mengajarkan saya tik.

teman saya lagi mengerjakan tugasnya di google classroom.

kalau yang ini, sedang berpura - pura supaya bisa difoto.


Cara pemanfaatan google classroom dan google document:

1.Download aplilasi google classroom dan google document di apps store.



2. Buka google classroom

3. Kalian bisa masuk kelas maupun join ke kelas baru menggunakan kode.

4.Kerjakan tugas yang belum kamu selesaikan.

5.Kalian juga bisa menyerahkannya di private comment, yang hanya bisa dilihat oleh gurumu.

6.Tekan tanda tambah untuk membuat dokumen baru.

7.Pilih 'new docs'

8.Ketik tugasmu, kalian juga bisa membuat dengan tabel dan memasukkan gambar hanya dengan menekan tanda tambah.

9. Tekan 'table' untuk membuat tabel, dan tekan 'image' untuk memasukkan gambar.

10.

11.Seperti ini jadinya saat kamu menambahkan gambar.

12.Jika sudah selesai, kembali ke google classroom dan tinggal menyerahkan.

13.Seperti ini saat kamu susah selesai menyerahkannya

14.Dan gurumu akan memberikan kamu nilai.

Sekian dari saya, terimakasih. http://www.dek.sch.id/ http://www.faradika.com/ .


1 komentar: