Kamis, 23 Januari 2014

Peraturan Baris Berbaris (PBB)

    Sejarah Peraturan Baris Berbaris atau yang biasa disebut PBB. Berbaris pertama kali dikenal pada zaman kekaisaran Romawi pada saat Kaisarnya Julius Caesar, dengan maksud agar pasukan yang berada dibawah kekuasaannya mempunyai rasa tanggung jawab, disiplin yang tinggi dengan melihat hasil lahir, yaitu kerapihan, kekompakan, ketertiban dan kesigapan. Pasukan Julius Caesar sangatlah terkenal pada zamannya.
Pengertian baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan batinyang diarahkan pada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.
Maksud dan tujuan Peraturan Baris Berbaris (PBB) maksdunya sebagai pendidikan / latihan awal bela negara, sesuai dengan hak dan kewajiban warga negara Indonesia. Dan tujuannya untuk menumbuhkan disiplin, dan mempertebal rasa dan semangat kebangsaan dan rasa patriotisme yang tinggi sehingga tersipta rasa taggung jawab yang tinggi atau menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin, dengan senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan indiviu secara tidak langsung menanamkan rasa tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar